Jumat, 08 Mei 2009

kuat kita bersinar


kuat kita bersinar, adalah satu lagu teranyar milik Superman is Dead, grup band rock asal Bali. tulisan ini tidaklah bertujuan utk mereview atopun membedah materi lagu ini, melainkan hanya satu upaya utk mengajak kita semua yg mencintai kedamaian, keberagaman, menjunjung tinggi prinsip kesetaraan manusia dalam semangat PLUR (peace, luv, unity, respect), utk merenungkan makna yg ingin disampaikan oleh penulisnya didalam lagu tsb.

penulis lagu tsb mengajak kita utk bersama-sama membangun dunia dlm indahnya perbedaan, beliau prihatin melihat kondisi dunia saat ini, beliau perih melihat kebencian dan peperangan dimana-mana hanya karena sebuah perbedaan.

tak usah jauh2. lihatlah dibumi pertiwi, tanah air kita tercinta. kita masih saling curiga thd sesama bangsa kita sendiri, isu SARA masih menjadi hal yg amat sensitif, sehingga potensi konflik itu masih cukup besar. memang, kondisi sekarang sedikit lebih baik dibanding satu dekade yg lalu. tapi jika kita tidak saling menguatkan, berjabat dan bergandeng tangan satu sama lain dlm menjalani kehidupan sosial dan membangun bangsa, aku cemas konflik2 itu akan terjadi lagi, cepat atau lambat.

sedangkan dibelahan Bumi yg lain, darah dan air mata tumpah dimana-mana. di Palestina, Srilanka, Pakistan, India, Irak, Afghanistan, kedamaian dan ketenangan menjadi sesuatu yg sangat mahal harganya. mengapa kita semua harus berseteru, berperang, terpecah-pecah hanya karena perbedaan2 yg sebenarnya sangat manusiawi utk dimaklumi dan dimengerti? bukankah perbedaan2 itu adalah anugerah tuhan yg luar biasa kepada manusia sbg pemanis kehidupan? sesunguhnya aku tak mengerti. tolong beri aku satu alasan mengapa kita harus membenci perbedaan!.

bukankah setiap manusia itu setara?, bukankah tuhan itu juga Esa adanya? kalau begitu masihkah kita harus melihat perbedaan itu sebagai sesuatu yg mesti diperdebatkan? tentu tidak sobat, karena hidup menjadi demikian indah karena bertaburan perbedaan2, aneka rasa dan warna2 kehidupan.

maka sobat, mari sama2 kita berkumandang : "ayo bangun dunia didalam perbedaan, jika satu tetap kuat kita bersinar. harus percaya tak ada yg sempurna, dan dunia kembali tertawa".

mari buat dunia tertawa, dan biarkan ia tertawa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar